f Kerugian Insiden Godo Rp.17,1 Milyar - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Kerugian Insiden Godo Rp.17,1 Milyar

Pemerintah Daerah Kabupaten Bima melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jumat (5/10) melaporkan data bencana bencana kebakaran yang melanda dusun Godo desa Dadibou Kecamatan Woha Kabupaten Bima.Bupati Bima melalui Kabag Humaspro, Drs Aris Gunawan, Jum’at kemarin menjelaskan, musibah yang terjadi pada tanggal 02 oktober tahun 2012, pukul 11.00 wita, telah mengakibatkan rusaknya prasarana tempat tinggal warga wilayah Kecamatan Woha Kabupaten Bima.

Adapun jenis kerusakan yang di timbulkan, jelasnya, kerusakan rumah penduduk dengan jenis rumah rumah panggung yang tergolong rusak berat sebanyak 30 unit dengan perkiraan kerugian 1,5 M. Sedangkan rumah permanen yang rusak berat sebanyak 49 unit dengan perkiraan kerugian Rp 12, 25 milyar.Kerusakan lainnya adalah rumah dan toko kecil dengan klasifikasi rusak Berat 8 unit dengan perkiraan kerugian Rp 2,4 milyar serta Rumah dan Toko besar yang rusak berat sebanyak 1 unit dengan perkiraan kerugian Rp 1 milyar. Sehingga total rumah yang rusak mencapai 88 unit dengan jumlah kerugiannya mencapai. Rp. 17,1 milyar.
Langkah – langkah yang telah di lakukan Pemerintah Kabupaten Bima bagi masyarakat yang terkena bencana, urai Aris, melalui BPBD Kabupaten Bima melakukan koordinasi dengan dinas / instansi terkait untuk menentukan langkah yang harus di lakukan untuk penanganan darurat bencana.Selanjutnya melakukan pendataan kejadian bencana dengan mendirikan tenda 3 Unit, 1 unit tenda regu, 2 unit tenda kerugian.
Kemudian,  BPBD Kabupaten Bima selanjutkan mendata kejadian bencana yang dirangkaikan dengan pendistribusian bantuan air bersih dan memberikan bantuan logistik berupa : selimut 125 lemba, Kompor 125 unit, 125 kaleng makanan siap saji.”Bantuan juga datang dari BPBD Profinsi NTB dengan memberikan bantuan logistik berupa : selimut sebanyak 125 lembar, makanan siap saji 125 paket, makanan tambah gizi 125 paket, lauk pauk 125 paket, Kid ware 125 paket, Family kid 125 paket,Terpal 125 lembar, Peralatan dapur 125 paket, Mi instan 125 dus, Air mineral 125 dus.
Melalui  Dinas Sosial Kabupaten Bima juga ikut berpartisipasi dalam meringankan beban korban kebakaran dengan mendirikan 1 unit tenda regu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.