f Segelas Semangat Bersama Kopi Tambora - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Segelas Semangat Bersama Kopi Tambora

Senja nan sejuk di pelataran pesanggarahan Tambora, saya menyempatkan menikmati kopi Tambora bersama rekan-rekan Komunitas JELAJAH. Meski sudah meninggalkan konsums kopi sejak beberapa tahun silam, namun entah kenapa terbesit keinginan menikmati kopi Tambora langsung di dalam kawasannya. yah, kawasan pesanggarahan dan bekas pabrik kopi Tambora yang telah lama tidak beroperasi. Wah, ternyata maknyos. Kopi Tambora yang nikmat,gurih, dengan aroma khas arabica dan sedikit manis membangkitkan gairah dan semangat yang mulai kendor setelah melewati jalan berlubang dari desa Pancasila Kabupaten Dompu menuju kawasan pesanggarahan dan situs Tambora.


Tambora tidak hanya dikenal dengan letusan dahsyatnya, namun kaya akan pesona dan komodii andalan yang sangat penting bagi pengembangan sosial ekonomi, pariwisata dan budaya serta sektor lainnya. Salah satu komoditi andalan di lereng Tambora adalah Kopi Tambora. Sejak Zaman Kolonial Belanda, banyak orang-orang Jawa yang dipekerjakan di areal perkebunan Kopi Tambora. Sehingga tidak mengherankan jika nama camp-camp di areal ini bernuansa Jawa seperti Afdelin Sumber Rejo dan Afdelin Sumber Urip.
Pada awalnya perkebunan Kopi Tambora di kelola oleh PT. Bayu Aji Bima Sena (PT.BABS) Jakarta selaku pemegang Hak Guna Usaha (HGU) sesuai keputusan Mentri Dalam Negeri Nomor : 21/HGU/DA/77 tanggal 19 juni 1977 dengan memperkerjakan karyawan sebanyak 192 orang, namun sejak tahun 2001 PT. BABS tidak aktif lagi  mengelola kebun kopi tambora yang ditandai dengan ditinggalkan dan ditelantarkannya perkebunan kopi beserta aset dan karyawan yang ada di dalam nya. HGU PT. BABS berakhir pada tanggal 31 Desember 2001 dan tidak diperpanjang lagi sampai saat ini meskipun pihak PT. BABS pernah mengajukan perpanjangan HGU pada tanggal 8 maret 2002.
Kopi dari pegunungan Tambora yang berakar dari sejarah dan nama besar Gunung Tambora sudah selayaknya dikembangkan dan dipromosikan dalam kemasan-kemasan kopi bubuk yang berlabel KOPI TAMBORA. Sehingga akan menjadi produk dan komoditi unggulan bagi daerah, sekaligus icon bagi Bima. Yuk, ke kebun Kopi Tambora untuk semangat baru bersama Kopi Tambora. (*alan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.