f 3 Pesona Di Kaki Barat Tambora - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

3 Pesona Di Kaki Barat Tambora

Berkunjung Ke Tambora belumlah lengkap jika belum mengunjungi tiga tempat yaitu  Pantai  Beranti, Taman Fosil Nanga Miro Dan Pulau Satonda. Tiga tempat itu berada di desa Nanga Miro kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB. Jarak ketiga tempat itu tidaklah terlalu jauh. Hanya setengah hari kita menghabiskan waktu mengunjungi tiga tempat tersebut karena berada di ujung barat Nanga Miro.  Menggunakan perahu adalah pilihan tepat dan efektif  mengunjungi tiga tempat  ini. Apa dan bagaimana keadaan tiga tempat tersebut ? Berikut sedikit ulasannya untuk anda.

Pantai Beranti


Pantai ini berpasir putih membentang di teluk mungil Beranti di ujung barat desa Nanga Miro. Dari Beranti mata kita menyapu bentangan pulau Moyo di sisi barat. Sejak dulu, Beranti telah dijadikan dermaga oleh para nelayan sekitar dan tempat parker bagan-bagan nelayan yang mencari ikan di teluk Saleh, Moyo maupun laut flores di sebelah utara. Di tepi pantai ini, terdapat komunitas suku sasak yang berprofesi sebagai nelayan. Namun sayang, pantai Beranti belum ditata dengan apik sebagai salah satu destinasi wisata bagi Kabupaten Dompu NTB. 

Taman Fosil Nanga Miro


Jika menyusuri pantai Beranti ke arah utara dengan sampan atau perahu motor, anda akan menjumpai sebuah taman fosil berupa kerang-kerang raksasa yang menempel di bukit-bukit sepanjang Beranti hingga so Fanda yang berhadapan dengan pulau Satonda di sebelah utara. Ada yang mengatakan terbentuknya fosil-fosil ini akibat muntahan letusan Tambora 1815, namun ada juga yang berpendapat fosil-fosil kerang Ini terbentuk bersamaan dengan terbentuknya pulau Sumbawa jutaan tahun silam. Perlu penelitian arkeologi tentang keberadaan fosil-fosil kerang ini untuk menjawab rasa keingintauan publik. Pemerintah Kabupaten Dompu harus secepatnya mengamankan areal fosil ini agar tidak diambil sembarangan. Karena Kima-Kima besar seukuran meja sudah banyak diambil oleh warga untuk dijual dan bahkan menjadi hadiah kunjungan para pejabat.

Pulau Satonda


Mendayung ke arah utara menyeberangi teluk Labuan Bara Nanga Miro anda akan melihat langsung pulau legendaries Satonda. Penyebrangan ke pulau dan Danau Moti To’i Satonda ditempuh sekitar 20 menit dari So Fanda atau Labuan Barat Nanga Miro. Satonda adalah sebuah pulau mungil di sebelah barat gunung Tambora di pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Di dalam pulau ini terdapat sebuah danau air asin seluas 2,5 km2 dengan tingkat keasinan yang cukup tinggi. Diperkirakan air danau ini asin karena tercampur dengan air laut yang meluap dan terperangkap di danau pada saat gunung Tambora meletus pada tahun 1815. Dalam sejarah, letusan gunung Tambora merupakan letusan yang sangat dahsyat sehingga menimbulkan gelombang pasang (tsunami) yang dahsyat pula.Di samping danau, Satonda juga menawarkan tempat untuk snorkeling dan berjemur di pesisir selatan pulau yang juga menjadi pintu masuk pulau Satonda. Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu akhir pecan dan mencari resort yang aman dan sejuk, satonda adalah pilihannya.


Penulis : Alan Malingi 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.