f Berkunjung Ke Mata Jitu - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Berkunjung Ke Mata Jitu

Liburan Panjang di awal Mei 2016 adalah waktu yang tepat bagi saya untuk berpetualang menikmati keindahan alam pulau Sumbawa. Sasaran kali ini adalah air terjun Mata Jitu di tengah hutan pulau Moyo Sumbawa. Rombongan kami menggunakan perahu nelayan dari Labuan desa Karang Padak Sumbawa menuju pulau Moyo. Karang berarti kampung, sedangkan Padak adalah nama kampung tempat memulai petualangan ke pulau Moyo. Sewa perahu pulang pergi per orang sebesar Rp. 100.000.Transpotarsi ke pulau Moyo hanya dilakukan sekali setiap hari yaitu pada pagi hari. Jadi rombongan harus menginap di desa Batu Aji di Pulau Moyo menanti penyebrangan kembali ke Karang Pedak keesokan harinya.


Sepanjang perjalanan mata dimanjakan dengan keindahan pulau Sumbawa dan kemolekan pulau Moyo yang mempesona.  Dua Jam perjalanan tak terasa, kami sampai di desa Batu Aji. Di desa ini jasa tukang ojek laris manis mangantarkan wisatawan ke Mata Jitu dengan sewa perorang sebesar Rp.100.000 untuk pulang pergi. Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, akhirnya saya dan beberapa traveler yang kebetulan bertujuan yang sama untuk ke Mata Jitu tiba di Air Terjun yang pernah  dikunjungi Puteri Diana ini. Sehingga tidak mengherankan jika air terjun ini disebut juga “Queen Waterfall”.



Subhanallah,… Allahu Akbar,Maha suci dan Maha Besar Allah yang telah menciptakan segala keindahan sebagai bukti kebesaran dan keagungannya. Mata Jitu memang indah. Luar biasa, gemercik air, desik pepohonan, kicauan burung  yang berpadu dengan biru bening Mata Jitu betul-betul memancakan mata. Perpaduan biru tua dan biru muda dari bebatuan di dasar kolam  alami Mata Jitu benar-benar indah. Biru bening dan bersih serta masih alami. Terdapat empat undah dan tujuh kolah di Air Terjun Mata Jitu. Warga setempat mengemukakan bahwa Mata Jitu berarti mata air yang jatuhnya tepat mengenai kolam di bawahnya. Bebatuan di dasar kolam telah terbentuk ribuan tahun yang lalu. Stalaktik dan Stalagmit yang terdapat di dinding air terjun ini menambah keindahannya. Mata Jitu adalah surge tersembunyi di belantara Pulau Moyo nan eksotik. Mata Jitu yang biru bening. Matamu memang Jitu menggoda setiap orang yang berkunjung untuk kembali lagi.   

Penulis : Alan Malingi 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.