f Mencicipi Palumara Londe - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Mencicipi Palumara Londe

Foto : Selerasa.com 
Ikan Bandeng atau dalam bahasa Bima disebut Uta Londe  cukup banyak di Bima. Tambak Bandeng cukup luas di wilayah Kota maupun Kabupaten Bima.Jenis ikan ini tentu sangat akrab dengan masyarakat Bima. Banyak kreasi dan cita rasa masakan yang dapat diolah dari Bandeng. Salah satunya adalah Palumara ( kuah Asam).Bahan-bahan dan resep yang dibutuhkan untuk menu masakan ini tidaklah sulit dan jika dibeli dengan harga yang sangat terjangkau. Kadang-kadang juga ada di sekitar halaman rumah. Adapun bahan-bahan resep Palumara Londe antara lain, 1 ekor ikan bandeng ukuran sedang (6-7ons) bersihkan sisik dan isi perutnya (bila suka biarkan saja isi perutnya, buang empedunya saja), potong 5 bagian,1 batang sereh dan 1 ruas jari lengkuas memarkan,1 ikat daun kemangi atau segenggam,1 sendok makan minyak goreng untuk menumis,100cc air asam jawa/bima dari 2-3 buah asam matang dan 2 gelas air untuk kuah. Untuk membuat Palumara Londe dibutuhkan bahan-bahan bumbu seperti ,2 cabe merah,5 butir bawang merah,3 siung bawang putih,1 buah tomat ukuran sedang, ½ ruas jari kunyit serta Garam secukupnya.

Saat ini, Palumara Londe dapat dijumpai di warung-warung makan di Bima seperti di warung Cahaya Sasak di sebelah timur Bank NTB Cabang Bima, di Warung ibu Eny di sebelah selatan Terminal Dara Kota Bima atau samping Ulet Jaya Bima serta di lesehan-lesehan di kampung-kampung. Palumara Londe dengan cita rasa khas manis-manis asam dan sedikit pedas sangat cocok untuk lidah anda yang suka manis-manis asam dan pedas. Apalagi jika disuguhkan dengan nasi panas dan urap. Pokoknya maknyos deh.

Jika anda ingin mencoba sendiri membuat Palumara Londe, anda dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memanaskan minyak, setelah panas masukkan bumbu yang sudah dihaluskan diikuti sereh dan lengkuas, setelah harum masukkan ikan bandeng aduk aduk dan biarkan beberapa detik lalu masukkan air asam ditambah 2 gelas air. Masak di atas api sedang selama kira-kira 20 menit, setelah matang masukkan kemangi, tambahkan sedikit gula atau penyedap rasa bila suka. Siap dihidangkan


Cara lain adalah, bumbu-bumbu di atas tidak dihaluskan tapi cukup diiris tipis-tipis, bila suka tambahkan irisan belimbing wuluh tetapi air asam harus dikurangi. Siapkan panci atau penggorengan. Campur minyak dan semua bumbu yang sudah diiris serta ikan bandeng ke dalam panci serta air asam dan 2 gelas air. Rebus kira-kira selama 20 menit , selanjutnya ikuti cara 1 di atas. (Rasanya lebih segar). Bila bandeng diganti dengan udang, rasanya hamper mirip dengan tom yam kung (masakan Thailand), tambahkan bubuk cabe saja dan daun jeruk lengkuas dan daun sereh diperbanyak.(Sumber : www.Bimacenter.com ).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.