f Rayuan Pulau Kelapa - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Rayuan Pulau Kelapa



Sumber Foto : www.exploressumbawa.com


Kita tak perlu jauh-jauh membuang ongkos menikmati keindahan Raja Ampat. Karena keindahan seperti Raja Ampat ada di Bima. Raja Ampatnya NTB itu adalah pulau kelapa yang  melambai-lambai merayu anda  menyebrang selama 2,5 jam dengan motor boat menelusuri keindahan selat Sape di ujung timur Bima dan NTB. Pulau Kelapa terletak di sebelah timur perairan Sape yang dikelilingi puluhan pulau-pulau kecil dengan posisi berjejer seperti pulau-pulau kecil di Raja Ampat. Entah mengapa pulau ini disebut pulau Kelapa, padahal pohon kelapa hanya ada beberapa saja di pintu masuk pulau. Namun sudah sejak lama, pulau ini dikenal masyarakat dengan sebutan pulau Lampu dan kelapa. Karena di sini ada tower dan lampu yang senantiasa menjadi penanda memasuki perairan Sape Bima. Meskipun tidak ada pohon kelapa, namun rayuannya menggoda para traveler mengunjungi pulau ini. Facebooker Zahra Mahesa menceritakan pengalamannya berpetualang ke pulau kelapa bersama Tim Adventure Zone yang kerap menyelenggarakan travelling ke pulau kelapa. 

Dari Tower Pulau Kelapa (By.Zahra Mahesa )
 “ Kami ke pulau kelapa bareng Adventure Zone. Tepatnya sabtu -minggu rombongan skitar dua puluh  orang.  Ada sekitar enam enam bukit kecil di gugusannya.  Perjalannya dua  jam lebih dari pelabuhan Sape menuju pulau kelapa. Tempat yg pertama dikunjungi adalah bukit Maria,  yaitu gugusan batu membentuk sebuah pulau setinggi gunung dengan ukuran dan sama besar. “ Demikian ungkap Zahra Mahesa via inbox Facebooknya. Menurut gadis Bima  yang senang berpetualag ini, belum ada penelitian tentang bebatuan di sekitar pulau kelapa ini,  apakah bongkahan kuil atau bangunan lain, atau memang terbentuk secara alami.

Tanjung Maria di perairan sekitar Pulau Kelapa (By Zahra Mahesa)
Dibutuhkan waktu sekitar  satu jam traking untuk mencapai puncak pulau Kelapa. Tetapi setelah mencapai puncak, rasa lelah terobati dengan suguhan pemandangan indah memesona. “ Di sini ada dua buah  Tower dan rumah pesangrahan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda dan belum pernah direhabilitasi  sampai sekarang. Di samping rumah itu kita dapat melihat gugusan pulau –pulau  seperti  Raja Ampat mini. “ Tutur Zahra. Dari atas tower itu, mata menyapu seluruh laut di sisi timur NTB mulai dari gunung Sangiang hingga pulau komodo di sebelah timurnya.

Bentangan Indah Pulau Kelapa (By Zahra Mahesa )
Destinasi wisata petualangan ke pulau kelapa dan sekitarnya tergolong destinasi yang unik dan menantang. Karena di gugusan pulau-pulau ini menyuguhkan keindahan laut dan penginggalan sejarah masa colonial. Tim Adventure Zone yang beralamat di kelurahan Sadia kota Bima, tepatnya di depan SMKN 2 Kota Bima menawarkan wisata adventure menuju ke pulau kelapa dengan paket sebesar Rp.300.000 per orang. “ Paket tersebut sudah termasuk satu baju kaos, tiga kali makan, sank, alat tenda dan snorkeling. “ Ungkap gadis berusia 24 tahun yang sering mengikuti kegiatan adventure ini.  Berlayar ke pulau kelapa di pagi hari adalah waktu yang sangat tepat, karena arus air laut yang tenang. Sore haripun kondisi perairan di selat Sape ini cukup tenang. Ayo,, ke pulau Kelapa, Raja Ampat-nya NTB. ….!  

Penulis : Alan Malingi 

Sumber Foto :www.exploresumbawa.wordpress.com 
                       Facebook Zahra Mahesa 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.