f Manggemada - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Manggemada


Pada umumnya di Indonesia memang Jantung Pisang bisa  diramu dan dibuat untuk berbagai jenis masakan. Di Bima Jantung Pisang ini bisa juga diramu dalam berbagai bentuk masakan salah satunya adalah Manggemada atau Gulai Jantung Pisang. Bahan utama kuliner ini adalah Jantung Pisang, santan kelapa dan udang. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain : 1 buah jantung pisang kapok, 1 genggam kelapa parut (sangrai lalu dihaluskan),1 gelas santan kental dari 1 kelapa,300gr udang (rebus tampa air, buang kulit dan kepalanya) dan 1 butir jeruk nipis (ambil airnya). Sedangkan bumbu-bumbunya antara lain 5 buah cabe keriting, 7 butir bawang merah, 5 buah belimbing wuluh dan Garam secukupnya.

Cara Membuatnya yaitu Siangi jantung pisang (ambil bagian putihnya) kemudianRebus sampai matang, angkat dan tiriskan, dipotong-potong lalu diperas (buang air getirnya), lalu Campurkan dengan potongan cabe, bawang merah, belimbing dan kelapa gongseng serta garam. Masukkan santan dan air jeruk nipis, dan terakhir masukkan udang yang sudah direbus.

Menu Manggemada Memang jarang atau tidak pernah sama sekali disajikan oleh warung-warung makan di kota Bima maupun kabupaten Bima. Menu ini hanya muncul di setiap bazaar ramadhan setiap tahun di kota Bima. Tetapi bagi anda yang m ingin mencicipi sensasi rasa manggemada bisa memesan khsusus di warung kuliner khas Bima seperti di di depan Paruga Nae Kota Bima maupun di sebelah selatan terminal Dara Kota Bima.

Penulis : Alan Malingi

(Sumber http://www.  Bimacenter.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.