f Praja Keta - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Praja Keta

Di tengah maraknya obat kimia, obat tradisional ternyata tidak ketinggalan daya tariknya. Praja Keta misalnya, walaupun obat tradisional ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, sampai sekarang peminatnya masih tetap ada. Terbukti dengan masih banyaknya penjual Praja Keta di pasar ataupun di kampung. Duama Heyo, salah satu pembuat Praja Keta mengaku “Praja Keta ini masih banyak yang cari, yang buatpun masih banyak” akunya.

Praja Keta merupakan obat tradisional yang berbentuk pil, bahannyapun sederhana, yaitu beras ketan hitam dan beras biasa yang dicampur dengan air. Walaupun bahannya sederhana, tapi tidak dengan khasiatnya. Praja Keta cocok untuk semua penyakit, baik penyakit yang berat maupun yang ringan seperti asma, kencing manis, penyakit mata, sariawan, dll. Duama Heyo menjelaskan bahwa “Praja keta ini cocok untuk semua penyakit, kalau panas dalam atau sariawam, tinggal kunyah 1 atau 2 biji, biasanya langsung sembuh” jelasnya.

Jika dibandingkan dengan obat kimia dan tradisional lainnya, harga Praja Keta cukup murah. Dengan uang Seribu kita sudah bisa mendapatkan 1 bungkus Praja Keta, dengan 5-6 biji didalamnya. Walaupun cukup murah, dan bahan untuk membuatnya sangat sederhana, namun tidak semua orang bisa membuatnya. Duama Heyo mengungkapkan bahwa “setiap proses selalu ada do’anya, dan tidak sembarang orang bisa membuatnya” ungkapnya.


Walaupun banyak khasiatnya, namun ada juga orang yang tidak percaya akan khasiat obat tradisional ini. Karena obat tradisional kebanyakan bukan hasil studi ilmu pengetahuan, dan uji laboratorium seperti obat kimia, melainkan kebiasaan turun temurun. Duama Heyo menjelaskan “yang percaya ya tetap cari obat ini, tapi kalau yang tidak percaya, ya tidak mau pakai” jelasnya.

Penulis : Aimin-Kampung Media Tembe Nggoli 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.