f Desa Empat Bahasa - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Desa Empat Bahasa


Bahasa Bajo digunakan masyarakat Desa Bajo Pulo hanya sampai di pelabuhan Sape. Di Sape dan sekitarnya mereka menggunakan bahasa Mbojo dan Indonesia. Kecuali jika mereka bertemu sesama Bajo di luar desanya, maka otomatis mereka menggunakan bahasa Bajo. Kondisi perkampungan di desa Bajo Pulo miip dengan di pulau Bungin. Berdenpatan dan tidak meniliki halaman pekarangan. Bangunan rumah tipe bajo dan bugis mendominasi perkampungan desa Bajo pulo baik di dusun Bajo barat, bajo tengah dan pasir putih. Kambing di Bajo pulo juga pemakan segala bahkan plastik dan karet pun dimakan. Hal ini sama dengan di pulau Bungin.Di Bajo pulo berkembang  empat bahasa yaitu Bajo,bugis, Mbojo dan Indonesia.
Desa Bajo Pulo awalnya dihuni oleh tiga orang bersaudara asal Bajo. Mereka adalah Adah, Pengah dan Wateangi. Setelah berhasil menumpas bajak laut bersama lasykar kesultanan Bima, tiga  bersaudara itu untuk sementara waktu bersandar di pesisir pantai itu, namun tatapan mereka selalu tertuju pada sebuah pulau mungil nan indah di dekat selat Sape. Ya, pulo atau pulau itu akhirnya menjadi tempat tinggal mereka. Lalu pulau itu diberinama Bajo Pulo. Demikian diceritakan Kades Bajo Pulo Bambang H.Ahmad. Tiga bersaudara itu menjalin hubungan dengan penduduk di pesisir Sape Bima dan beranak keturunan. Mereka membagi tiga pulau itu menjadi Bajo Barat, Bajo Tengah dan Bajo Pasir Putih. Pada perkembangan berikutnya,tiga wilayah itu dipimpin oleh keturunan mereka yaitu Bajo Barat dipimpiin oleh Jamang Kua Puga, Bajo Tengah dipimpin oleh Pua Boyong, dan Bajo Pasir Putih dipimpin oleh Dae Ming.  


Menjelajahi Desa Bajo Pulo dalam bentangan keindahan selat Sape adalah pengalaman yang menarik dimana kita menemukan pergumulan bahasa-bahasa yang berkembang di sekitar selat Sape ini. Di batas pelabuhan Sape kutemukan akulturasi budaya yang telah terjalin sejak beabad abad silam. Di batas pelabuhan Sape adalah batas penggunaan bahasa Bajo dan Bugis oleh warga Bajo Pulo.

Penulis : Alan Malingi 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.