f Nyam-Nyam Birua - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Nyam-Nyam Birua

Jika ingin merasakan sensasi nyam-nyam dengan kue tradisional Mbojo, cobalah cicipi kue Birua.Kue ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional Bima terutama di pasar Amahami Kota Bima. Disamping itu, kue Birua juga bisa dibeli di sepanjang jalan kelurahan Santi hingga di kampung Na’e Kota Bima. Sejak dulu, kaum ibu di kampung-kampung ini menjajakan kue tradisional terutama Birua.

Kue Birua dibentuk bulat dan bergerigi dengan adonan dari tepung terigu, telur, gula merah dan gula pitih sehingga dikenal Birua gula merah dan Birua gula putih. Pada zaman dahulu bahan utama pembuatan birua adalah beras yang ditumbuk dan dihaluskan. Tetapi seiring perkembangan zaman bahan utama pembuatan Birua adalah tepung terigu.

Dalam sejarah kesultanan Bima, warga kelurahan Santi, Kampung Nae dan Salama adalah para pembuat kuliner khas untuk tamu-tamu kerajaan. Sudah selayaknya, tiga kampung ini dijadikan pusat jajan Kota Bima. Pemerintah Kota Bima semestinya membangun lapak-lapak permainan untuk para pedagang kue tradisional di  sepanjang jalan dari Santi menuju kampung Nae hingga Ranggo. Dengan demikian, para pedagang kue tradisional akan bergairah dan para wisatawan akan langsung mengunjungi sentra kue tradisional Mbojo di sepanjang jalur itu.


Penulis : Alan Malingi 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.