f Atraksi Seni Meriahkan Penobatan Putera Mahkota - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Atraksi Seni Meriahkan Penobatan Putera Mahkota


Event langka dan sakral penobatan Jena Teke atau Putera Mahkota Kesultanan Bima akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi kesenian tradisional baik kesenian klasik Istana Bima maupun kesenian rakyat. Perhelatan akbar yang digelar tanggal 18 September 2016 itu akan menampilkan kesenian klasik istana seperti Tari Lenggo, Tari Keris, Sere, Makka dan Mihu Dan yang tak kalah sakralnya adalah senandung Kande yang berisi nasehat penuh petuah kepada putera mahkota maupun Sultan.

Prosesi penobatan diawai kirab rombongan Jena Teke dari pasar Bima menuju Istana Bima. Selama kirab, beberapa atraksi kesenian akan menemani perjalanan Jena Teke seperti kesenian Soka yang berasal dan desa Sari kecamatan Sape, kesenian Buja Kadanda dan Hadrah Rebana. “ Khusus Hadrah Rebana, pihak panitia akan menampilkan kolaborasi lima grup hadrah rebana yang ditempatkan pada setiap perempatan yang dilalui oleh rombongan Jena Teke yaitu di perempatan Lampu Merah pasar Raya Bima, di pertigaan Bioskop lama Bima, di Pos Polisi Kota Bima, dan di depan Lare-Lare Pintu gerbang Asi Mbojo. “ Tutur Ketua Panitia Abdul Karim Azis, SH.

Sementara itu, di Asi Mbojo sambil menanti kedatangan rombongan Jena Teke digelar pula berbagai atraksi kesenian seperti tarian penyambutan yang dikenal dengan Wura Bongi Monca, Tarian Massal yang melibatkan seratus orang pelajar, atraksi Gentaong dan berbagai persembahan menarik lainnya yang sekaligus menghibur para raja dan sultan se-Nusantara yang hadir diperhelatan tersebut.



Penulis : Alan Malingi  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.