f Keluarga Kesultanan Bima Sesalkan Tindakan Bupati Gowa - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Keluarga Kesultanan Bima Sesalkan Tindakan Bupati Gowa

Ibu Maryam Dan Kerabat Kesultanan Bima Ketika menerima Tim dari Kementerian Sosial RI 
Ketua Majelis Adat Sara Dana Mbojo dan Bumi Partiga Kesultanan Bima Dr.Hj. Siti Maryam Salahuddin, SH menyesalkan tindakan yang dilakukan Bupati Gowa yang telah menginjak-injak tatanan adat dan budaya yang ada di kerajaan Gowa yang sudah berlangsung selama berabad-abad lamanya. Pernyataan sikap ini dikeluarkan di Museum Samparaja Bima melalui kerabat kesultanan Bima Irham Anwar atau yang dikenal dengan Aji Irham Dae Weo pada Rabu (14/9/2016).

Dikatakan Ruma Mari (sapaan akrab,red), Penjajah Belanda, Inggris dan Jepang tidak pernah berani menyentuh tatanan itu, tapi justru di zaman kemerdekaan ini dirusak oleh bangsa sendiri. “ Saya berharap  Bupati Gowa mau bertaubat dan  menghentikan tindakannya yang tanpa hak itu, Karena tidak akan bisa diterima oleh Masyarakat Adat se Nusantara, dikhawatirkan tindakan tersebut akan menimbulkan gejolak di Masyarakat Adat..” Ungkap Maryam melalui Irham Anwar.  

Kerajaan Gowa dan Kesultanan Bima adalah satu kesatuan yang ikatan kekeluargaan dan persaudaraannya sudah berlangsung sangat lama. Tndakannya mengganggu Kerajaan Gowa, menduduki Istana Gowa dan membongkar paksa brangkas penyimpanan benda Pusaka Kerajaan itu tidak akan bisa diterima walau dengan alasan apapun. “ Hal tersebut juga melukai hati Masyarakat Adat di Kesultanan Bima karena mengingat hubungan persaudaraan antara Kerajaan Gowa dan Kesultanan Bima sangat erat.” Sambung Ibu Maryam. Lebih lanjut Bumi Partiga Kesultanan Bima yang kini tengah sibuk mempersiapkan penobatan Jenateke kesultanan Bima ini mengharapkan mengharapkan ada solusi yang terbaik untuk situasi ini dan mendoakan seluruh keluarga Besar Kerajaan Gowa / TalLo agar diberikan kekuatan lahir batin dan ketabahan dalam menghadapi keadaan ini. Pada bagian akhir pernyataannya Ibu Maryam menyampaikan salam Hormat dari keluarga besar Kesultanan Bima untuk Keluarga besar dan  seluruh zuriat Kerajaan Gowa / TalLo.


Penulis : Irham Anwar. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.