f Tradisi Ziki Roko - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Tradisi Ziki Roko

Alunan Ziki Roko adalah untaian doa dan harapan senoga kegiatan penobatan Jena Teke ke 17 Kesultanan Bima berjalan dengan lancar. Ziki Roko adalah tradisi yang tumbuh dan berkembang di lingkungan Istana Bima dalam rangka keogiatan kegiatan di istana seperti acara Maulid dan Hanta UA PUA dan hari hari besar islam. Pada masa sultan Bima ke 2 Abdul khair Sirajuddin(1640 -1682) telah ditetapkan RAWI NAE MA TOLU KALI SAMBA'A Atau tiga pekerjaan besar yang tiga kali setahun yaitu Idul Fitri, Idul Adha dan UA PUA. Calender of event telah ditetapkan oleh kesultanan Bima sejak empat  abad silam.

Pada masa lalu, peserta Ziki Roko adalah khusus warga Salama,Santi, Kampung Nae, Kampung Melayu. dan kampuny kampung lainnya ziki adalah zikir.Roko adalah Loru atau menemani dan mendoakan untuk keselamatan dunia dan akhirat.” Mala ini, pelantun Ziki Roko didatangkan dari kampung Salama Kota Bima”. Papar Ketua Panitia, Abdul Karim Azis, SH.

Pada minggu 18 September 2016 prosesi penobatan Jena Teke kesultanan Bima ke-17 dilaksanakan yang diawali kirab rombongan Jena Teke dari Pasar Bima menuju Asi Mbojo dan akan dihadiri oleh 20 Raja dan Sultan Se- Nusantara.

Penulis : Alan Malingi   


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.