f Foto Rangkaian Prosesi Kalondo Lopi - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Foto Rangkaian Prosesi Kalondo Lopi

Lopi atau perahu Pinishi Rhama The Fastest dibuat di pulau Sangiang Wera Bima selama 3,5 tahun dan menelan dana sekitar Rp.7 Milyar milik H.Adlan S.Pd Anggota DPRD Kabupaten Bima sekaligus pengusaha sukses. Kapal Rhama The Fastest berbobot 1000 ton yang akan berlayar mengarungi Surabaya, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua. 

Foto : Raka Mariko II
Inilah ruang lambung kapal pinishi Rhama The Fastest yang dibuat oleh putera Sangiang secara otodidak dan dipimpin oleh seorang Panggita yang ahli dalam pembuatan kapal sejak zaman kesultanan Bima dulu. 

Foto : Raka Mariko II 
Suasana syahdu shalat magrib di atas Rhama The Fastest. Setelah shalat magrib dan isya dilanjutkan dengan doa syukuran di atas geladak Rhama The Fastest. 

Persiapan Kalondo Lopi pada hari Minggu, 9 Oktober 2016 dilakukan oleh warga Sangiang secara bergotong royong dan disaksikan para fotografer, wartawan dan komunitas Budaya termasuk Majelis Kebudayaan Mbojo. 

Foto : Ayang Syaifullah 
Karena kendala tehnis akhirnya proses menurunkan Rhma The Fastest ke laut terhambat dan baru pada kamis tanggal 13 Oktober 2016. 

Foto : Ayang Syaifullah
Dengan penuh rasa haru dan bangga warga Sangiang menatap Rhama The Fastest yang terlihat gagah dan siap mengarungi lautan. 

Penulis : Alan Malingi 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.