f Jago Sombu - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Jago Sombu

Penganan tradisional ini sangat sederhana dan berbahan dasar jagung dan kelapa parut dengan sedikit garam. Jago Sombu dijual di pasar Raya Ama Hami Kota Bima. Ina Sei, penjual Jago Sombu hanya duduk setengah jam menjajakan Jago Sombu dan langsung diserbu para pembeli. Jika kita kesiangan ke pasar Ama Hami, maka bisa dipastikan kita tak akan dapat membeli Jago Sombu. Penganan ini cukup diminati karena tidak manis dan cukup gurih disantap dengan kelapa parut yang ditabur di dalam Jago Sombu. Harga Jago Sombu cukup murah meriah yaitu Rp.1.000 untuk satu bungkus Jago Sombu menggunakan daun pisang. Jago Sombu sangat higienis menggunakan bahan jagung, kelapa parut dan dibungkus daun pisang.

Menurut Ina Sei, Jagung yang sudah tua direbus dulu dengan afu atau kapur supaya kulit luar jagung terkelupas. “ Rebusannya setengah matang saja untuk mengeluarkan kulit dan putik hitam di jagung. “ Papar Ina Sei. Kemudian direbus lagi sampai masak. Jago Sombu kemudian ditaburi kelapa parut. Jago Sombu siap untuk disantap.

Masyarakat di pedesaan sering mengkonsumi Jago sombu sebagai pengganti nasi terutama untuk sarapan pagi. Jago Sombu adalah kekayaan kuliner tradisional Mbojo yang perlu diperhatikan. Untuk memberdayakan para penjual Jago Sombu perlu kebijakan Pemerintah dan elemen masyarakat untuk mengkampanyekan kue dan kuliner tradisional. Misalnya di saat rapat-rapat dan berbagai kegiatan menyuguhkan kue dan kuliner tradisional Mbojo. Dengan cara ini, kue dan kuliner tradisional tidak akan hilang ditelan peradaban dimana kue dan kuliner modern dengan segala bentuk dan kemudahan didapatkan telah merambah kehidupan kita. #savepangahambojo

Penulis : Alan Malingi



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.