f Empat Abad Langgar Kuno - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Empat Abad Langgar Kuno

Banjir bandang yang menyapa Kota Bima 21 dan 23 Desember 2016 telah menyebabkan sejumlah kerusakan di situs sejarah dan saksi Bisu masuknya islam di tanah Bima ini. Langgar Kuno Melayu membutuhkan pemeliharaan serius dari semua pihak. Di usianya yang mencapai lebih dari 4 abad ini, langgar kuno masih berfungsi sebagai TPQ dan sarana ibadah.

Saya mencoba untuk mendata sejumlah kerusakan yang mungkin saja bisa ditalangi dengan dana ala kadarnya baik dari Makembo maupun komunitas lannya untuk mengaktifkan kembali kegiatan TPQ dan perubadatan di Langgar Kuno ini.

Menurut ibu Maya dan beberapa warga sekitar yang dibutuhkan adalah papan kayu tuk menutupi bagian barat Langgar yang diterjang banjir, karpet, papan white board dan spidol serta sarana kebersihan, Alqur an,buku Iqra dan buku buku agama serta ilmu pengetahuan lainnya untuk mengisi kembali perpustakaan langgar kuno karena sejumlah buku hanyut terbawa banjir.

Oleh karena itu saya dan makembo mengetuk hati semua pihak untuk juga peduli dan memberikan sumbangsih untuk penryelamatan Langgar Kuno dn kelnjutan kegiatan TPQ. Saya mengajak komunitas peduli dan pencinta budaya Mbojo dan keomunitas lainnya untuk bergotong royong di Langgar kuno pada hari sabtu dan Minggu 14 dan 15 Januari 2017 pukul 08.00 wita.

Kegiatan gotong royong dan bersih-bersih berlangsung sesuai rencana. Sabtu pagi 14 Januari 2016 anggota Makembo dibantu warga melaksanakan kegiatan gotong royong. Pada sore hari dilakukan doa dan zikir bersama yang menandai dimulainya kegiatan TPQ Langgar Kuno. 

Penulis : Alan Malingi 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.