f Ikan Mujair Pela Parado - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Ikan Mujair Pela Parado

Berbincang tentang pariwsata juga tidak terlepas dari persoalan lidah dan rasa. Ya. Persoalan lidah identik dengan kuliner terutama kuliner khas yang ada di setiap wilayah yang dikunjungi wisatawan. Saat ini berwisata tidak hanya berbicara tentang bentangan pantai indah dan hotel mewah, wisata alam dan kuliner pun menjadi sensasi yang menarik perhatian para wisatawan. Salah satu di antaranya adalah suguhan ikan air tawar yang ada di sekitar wilayah desa Pela dan sekitarnya.

Sejak dibangun Dam Pela Parado, banyak warga desa Pela yang berprofesi sebagai nelayan ikan air tawar. Salah satu jenis ikan air Tawar yang dibudidayakan di sungai Pela dari aliran sungai Dam Pela Parado adalah Mujair. Hal itu dikemukakan kades Pela kecamatan Monta Muallimin Tajuddin ketika menerima Tim Lomba Desa tingkat kabupaten Bima pada Rabu, 11 April 2017.

Dikatakannya, hasil tangkapan warga setiap bulan hampir mencapai Ton. Disamping itu warganya juga mencari nafkah dengan menjaring ikan di Dam Pela Parado. Potensi Dam Pela Parado juga sudah menjadi obyek wisata yang sudah mulai ramai dikunjungi. Berkah Dam Pela Parado juga mendatangkan perusahaan Air Minum dari berbagai wilayah dan menjadi komoditi usaha yang sangat menjanjikan dan menyerap tenaga kerja. Pela juga memiliki adat istiadat yang spesifik dimana Karawi Kaboju atau gotong royong,Mbolo weki, kesenian hadrah dan barjanji.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.