f Menyantap Udang Di Waworada - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Menyantap Udang Di Waworada


Ketika saya menjadi salah seorang tim penilai lomba desa tingkat kabupaten Bima tahun 2017, saya dan tim disuguhi  udang. Kades Waworada, Irman Ismail dalam mengemukakan bahwa salah satu komodifi andalan Waworada adalah budidaya udang Vaname disamping produk pertanian,perkebunan dan perikanan kelautan. Desa di bibir utara teluk Waworada ini memiliki ragam potensi terutama di bidang perikanan dan kelautan. 

 Khusus untuk tambak udang Vaname saat ini sedang dilakukan budidaya di 158 petak tambak seluas 79 hektar. Diakuinya, dari hasil budidaya tersebut rata rata menghasilkan 400 sanpai 500 kg selama dua bulan dengan modal sekitar Rp. 7 juta dan mampu menghasilkan hingga Rp.30 juta tiap panen. Selain itu, desa Waworada dengan jumlah penduduk sebanyak 2 365 dan luas wilayah 2.248.05 Hektar memiliki sebaran potensi perkebunan, petrtanian dan peterkan serta perikanan kelautan dalam bentangan keindahan Teluk Waworada.

 Untuk itulah, Kepala DPMDes Sirajuddin AP,MM menyarankan kepada kades,BPD,LPMD dan stakeholder di Waworada untuk membangun kebersamaan dan giat menggali potensi desa dengan mengaktifkan Bumdes untuk pengembangan produk dan keunggulan lokal. Penilaian di desa Waworada berlangsung hingga sore hari dengan mengunjungi posyandu,Rumah sehat, sarana pendidikan dan kesehatan serta adniinstrasi desa yang dilakukan melalui serangkaian wawancara dengan berbagai elemen yang ada di desa.

Penulis : Alan Malingi 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.