f Sang Maestro Dari Sangiang - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Sang Maestro Dari Sangiang


Ompu Manti adalah salah seorang penabuh gendang andalan dari Sangiang. Wilayah Selayar, Maumere dan beberapa Pulau-pulau kecil di seputaran Manggarai Barat dia taklukkan dengan kemahirannya sewaktu muda. Dalam setiap rute pelayaran, perangkat gendang tradisional dan aksesorisnya wajib dibawa.  Dalam setiap persinggahan di bandar-bandar, mereka menunjukkan kemampuan olah tangan yang luar biasa.

Dahulu, para penabuh gendang menjadi Idola para gadis-gadis di wilayah "penaklukan", kemahiran dan kepiawaian memainkan irama membuat para penabuh menjadi incaran Gadis-gadis. Zaman Dahulu  hanya dengan kemampuan menabuh gendang, para gadis langsung berdempetan. Angka Mahar urusan belakangan.

Zaman Sekarang  Butuh Angka 100 juta supaya mereka berdempetan, karena kadang-kadang dibawah angka 100 bisa mengakibatkan kegagalan PERDEMPETAN bahkan kegagalan yang lainnya. Zaman Dahulu  Ompu Manti sibuk utak-atik gendang tradisional Mbojo untuk menaklukkan para anak gadis di Wilayah kepulauan seberang. Zaman Sekarang : Anak muda sibuk pencet-pencet Android untuk menaklukkan Gadis Desa Tetangga Sebelah.

Penulis : Ayang Saifullah Republik Sangiang


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.