f Revitalisasi Uma Lengge Sambori - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Revitalisasi Uma Lengge Sambori

Minggu malam (4 Juni 2017), Gong 96 STKIP Bima menggelar diskusi hasil penelitian dengan tajuk Menapaki Jejak Uma Lengge Sambori. Mereka memaparkan hasil penelitian untuk didiskusikan bersama Makembo ( Majelis Kebudayaan Mbojo ), Histrory Of Bima dan Komunitas PJR( Pasukan Jaga Rasa ).
Hasil diskusi sepakat untuk mengusulkan Revitalisasi Uma Lengge Sambori kepada Pemerintah Desa Sambori melalui Dana Desa. Kami mengusulkan pembangunan 10 unit Uma Lengge di suatu lokasi yang ditata dengan apik dan di pagar keliling dengan Kayu, di tengah kompleks Uma Lengge dibuat panggung terbuka untuk pementasan kesenian dan seluruh tradisi di Sambori diaktifkan di kompleks Uma Lengge seperti menumbuk padi (Mbaju )mengayam, menenun, doa rato,doa oma, Tapa Gala dan aktifitas tradisional lainnya.

Revitalisasi Uma Lengge tidak sekedar membangun Uma Lengge, tetapi juga menghidupkan kembali kearifan lokal dan tradisi yang pernah hidup di Sambori dan sekitarnya. Untuk pemeliharaan dan perawatan Uma Lengge, kepala desa bisa menunjuk 10 Kepala Keluarga yang diberi tanggung jawab menata dan mengelola kompleks Uma Lengge.
Melalui revitalisasi ini diharapkan Sambori akan menjadi desa wisata yang menawarkan keunikan tradisi dan budaya yang berpadu dengan keindahan alamnya.

Semoga.....!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.