f Mahasiswa UI Teliti Uma Lengge - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Mahasiswa UI Teliti Uma Lengge

Bima kaya akan warisan seni arsitektur tradisional seperti Uma Lengge, Uma Panggung, serta bangunan berbentuk Nggusu Waru. Kekayaan itu harus terus dilestarikan sehingga akan terus diwariskan dari generasi ke generasi. Hal itu diungkapkan oleh Asisten Administrasi Umum Setda kabupaten Bima H. Makruf,SE.MM saat menerima Tim peneliti Uma Lengge dari ikatan mahasiswa Tehnik Arsitektur Universitas Inonesia pada Rabu, 12 Juli 2017 di ruang Rapat Bupati Bima.

Lebih lanjut dikatakannya, Uma Lengge memiliki keunikan dan perlu dijaga kelestariannya. Untuk itu, atas nama pemerintah Kabupaten Bima Makruf menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kepedulian dan perhatian dari ikatan mahasiswa tehnik arsitektur Universitas Indonesia yang melakukan penelitian tentang Uma Lengge."Mudah mudahan hasil penelitian ini bermanfaat dalam rangka revitalisasi Uma Lengge maupun promosi budaya Bima di tingkat nasional.". Harap Makruf.

Tim eksursi Uma Lengge akan melakukan penelitian selama satu bulan di tiga lokasi yaitu di Desa Mbawa kecamatan Donggo, desa Maria Utara kecamatan Wawo dan desa Sambori kecamatan Lambitu. Sebelum kedatangan tim besar yang berjumlah 26 orang, diawali dengan kedatangan tim advance yang melakukan survey awal dan koordinasi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bima, camat.kades dan komunitas Majelis Kebudayaan Mbojo.

Penulis : Alan Malingi 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.