f Negeri Berlapis Benteng - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Negeri Berlapis Benteng

Kore atau Sanggar dulu adalah sebuah kerajaan yang makmur. Negeri ini dilapisi tiga benteng pertahanan. Dua benteng laut yaitu Takapase dan Kaniki. Takapase terletak di laut atau di sebelah utara Nisa Kaniki. Sedangkan Kaniki berada dj sebelah utara desa Boro dan membentang sepanjang 370 meter dari timur ke barat. Kaniki berarti lengkap atau melengkapi. Satu benteng di dekat istana kerajaan di desa Boro yang disebut Lawang Koneng. Lawang berarti pintu,sedangkan Koneng berarti sempit. Jadi lawang koneng berarti pintu yang sempit.

Pemerhati sejarah dan budaya Sanggar, Assad,Spd yang menemani perjalanan Makembo,BJJ dan Armada Finance ke Sanggar mengemukakan, benteng benteng ini hancur pasca letusan Tambora. Kerajaan Sanggar memang tidak lenyap akibat letusan Tambora,tetapi kerajaan ini sangat terpuruk akibat letusan dahsyat Tambora 1815.
Sejarahwan Adrian B.Lapian dalam buku Orang Laut, bajak Laut, Raja Laut menguraikan tentang serangan perompak Pabelo pada sekitar tahun 1819. Kerajaan Sanggar diserang dan terus mengalami kemerosotan hingga bergabung dengan Kesultanan Bima pada tahun 1926.

Sanggar, negeri yang eksotik. Lekukan teluknya yang indah, pantainya dan pulau pulau mungilnya adalah pesona di bibir utara laut Flores. Sanggar juga kaya akan situs situs sejarah seperti makam kuno kerajaan Sanggar di desa Boro yang menghadap ke arah gunung Tambora, serta situs situs lainnya. Sayang karena waktu yang sempit, belum semua jejak peradaban Sanggar dapat direkam dan didokumentasikan. 

Penulis : Alan Malingi 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.