f Moti La Halo Dan Kisah Dae La Minga - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Moti La Halo Dan Kisah Dae La Minga


Ini adalah lembah kaldera gunung Tambora yang diperkirakan sepanjang 5 Kilometer (hampir sama luasnya dengan Kota Bima). Orang orang Sanggar dan Tambora menyebutnya dengan Moti La Halo. Entah kenapa disebut moti la halo. Moti berarti laut.Sedangkan La Halo kira kira berarti pengap dan panas.
Dalam legenda masyarakat Sanggar, putri raja Sanggar Dae La Minga yang cantik jelita itu diperebutkan oleh para pangeran dari berbagai negeri. Untuk menghindari peperangan dan pertummpahan darah, maka dae la minga dibuang ke Moti La Halo yaitu di kawah gunung Tambora. Kisah tentang kecantikan Dae La Minga juga dilukiskan dalam senandung Inde Ndua yang berarti tiada duanya. Sedangkan kisah perjalanan Dae La Minga dari kerajaan Sanggar menuju Moti La Halo dilukiskan dalam tarian dan senandung Tija Lante.
Kecantikan Dae La Minga sungguh tiada duanya. Sebelum dibuang ke Moti La Halo, Dae La Minga menitipkan pesan kepada para gadis kerajaan Sanggar. " Ntika mpa di wa a ba nahu, tupa ra ambi di wi i ba nggomi doho" ( kecantikan akan kubawa serta, kesopanan dan keramah tamahan kutitipkan untuk kalian).

Penulis : Alan Malingi
Terima kasih untuk kiriman foto menakjubkan dari Wahibur Rahman.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.