f Hari Terakhir Salahuddin Di Des Indes - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Hari Terakhir Salahuddin Di Des Indes


Kamis tanggal 11 Mei 1951 Kapal Belanda “ Bonteku “ membentangkan layar dari pelabuhan Bima menuju Jakarta. Bunyi serulingnya mengusik ketenangan malam di teluk Bima yang indah, tenang dan damai. Isak tangis mengiringi sendunya bunyi seruling Bonteku yang membawa Sultan Muhammad Salahuddin dan keluarganya untuk berobat lanjut ke Jakarta. Perlahan tapi pasti Bonteku meninggalkan Asa Kota yang indah, seindah kenangan yang pernah tercipta bersama rakyat dan negeri yang dicintainya.

Seminggu kemudian, Sultan Muhammad Salahuddin tiba di Jakarta dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Cikini. Dua bulan lamanya Sultan yang dijuluki Ma Ka Kidi Agama ini dirawat. Karena menjelang Idul Fitri, Sultan diijinkan untuk keluar dari Rumah Sakit Cikini dan menginap di Hotel Des Indes. Tapi diluar dugaan, kesehatan Sultan kembali memburuk. Pada tanggal 11 Juli 1951 Sultan Muhammad Salahuddin menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cikini.

Hotel Des Indes adalah hotel tua yang mulai beroperasi tahun 1856 hingga tahun 1960 di Weltevreden, Batavia (Jakarta). Di hotel ini ditandatangani Perjanjian Roem Royen pada 7 Mei 1949. Pada tahun 1960, hotel ini diambil alih Pemerintah Indonesia. Nama hotel pun diganti menjadi Hotel Duta Indonesia. Pada tahun 1971, bangunan hotel dibongkar untuk didirikan Pertokoan Duta Merlin.

Sumber :
1. Hilir Ismail, Peran Kesultanan Bima Dalam Perjalanan Sejarah Nusantara
2. Wikipedia Hotel Des Indes.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.