f Temba Kolo, Saksi Cinta Indra Zamrut - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Temba Kolo, Saksi Cinta Indra Zamrut


 Konon, sumur ini adalah jelmaan sumur yang ada di Kayangan. Sumur yang sejak zaman dahulu dikenal oleh masyarakat dengan Temba Kolo ini menyimpan legenda panjang tentang kisah cinta Raja Bima pertama Indra Zamrut dengan puteri kayangan atau yang dikenal dengan Ana Fari Pidu Itu. Salah seorang Ana Fari Itu bernama Puteri Indah yang berhasil dipersunting Raja Indra Zamrut.

Setelah nelahirkan dan menemukan kembali selendangnya, puteri indah terbang ke angkasa bersama selendangnya meninggalkan Indra Zamrut dan puteranya. Lalu dengan kekuatan penuh kuda Manggila Indra Zamrut pun tiba di kerajaan Kayangan. Di sana dia menemukan sumur yang persis dengan Temba Kolo di Bumi. Di Kayangan, Indra Zamrut ditangkap pasukan kerajaan dan dihadapkan kepada Raja.

Indra Zamrut mengemukakan niat untuk membawa pulang istrinya. Namun Raja Kayangan mengajukan syarat bahwa Indra Zamrut harus melewati tiga tahapan ujian( tahapan ujian itu dilukiskan secara detail dalam kisah Temba Kolo). Akhirnya dengan kesaktian yang dimiliki, Indra Zamrut berhasil melewati ujian tersebut dan membawa pulang Puteri Indah ke Bumi.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.