f Tradisi Condo Londe Di Teluk Piong - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Tradisi Condo Londe Di Teluk Piong

Teluk dan pantai ini menyimpan kenangan masa remaja saya. Di era tahun 1990 an saya sering mengisi liburan di desa Piong dan Kore. Saat itu, tradisi “ Condo Londe “ atau mencari nener adalah salah satu yang menjadi favorit masyarakat Piong dan sekitarnya. Ternyata sampai sekarang tradisi itu masih berlangsung.
Ahmad (50 tahun) warga RT 09 desa Piong yang saya temui pagi ini, mengaku bahwa tradisi mencari nener masih dilakukan dan biasanya berlangsung dari bulan Agustus hingga November. " Dalam sehari warga bisa mendapatkan 1000 nener." Kata Ahmad. Dikatakannya, satu ekor bibit bandeng dibeli oleh para tengkulak dengan harga Rp.50 hingga 70 rupian.
Nener kemudian diambil oleh para pengusaha yang didominasi pengusaha Cina yang ada di Bima dan Dompu. Ketika musim Nener tiba, warga Piong turun ke laut membawa perlengkapan menangkap nener seperti jaring, ember, Sodo, Dui dan ncaro. Mulai pagi hingga petang pantai Teluk Piong sangat ramai oleh para pencari nener. Malam hari pantai Piong diterangi lampu para pencari dan pedagang nener

Penulis : Alan Malingi 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.