f Oha Sanaru Ncai - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Oha Sanaru Ncai


Manusia baik sebagai mahluk individu maupun sosial tetap selalu membutuhkan orang. Salah satu interaksi manusia yang dahsyat adalah silaturahmi. Falsafah Mbojo Maja Labo Dahu menuntun hidup manusia Mbojo untuk berhubungan dengan dirinya, dengan sesama, dengan alam dan lingkungan serta dengan Tuhan Sang Pencipta.

Para tetua di Bima memotivasi kita agar senantiasa menjalin silaturahmi karena banyak sekali manfaat dan berkah kehidupan yang kita dapatkan dari silaturahmi. Menjalin silaturahim akan mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan, memanjangkan umur, melapangkan rejeki serta membahagiakan.

Para tetua di Bima sering mengemukakan " Oha Sanaru Ncai " kepada orang yang sering bersilaturahmi dengan kerabat dan saudaranya terutama yang jauh. Oha artinya nasi. Sanaru berarti sepanjang. Ncai artinya jalan. Jadi Oha Sanaru Ncai artinya nasi sepanjang jalan. Hal ini menggambarkan betapa orang orang yang bersilaturahmi senantiasa dilapangkan rejekinya.

Silaturahmi yang dibarengi dengan kerja keras dan ikhlas sesungguhnya akan sangat bermanfaat bagi hubungan manusia. Pepatah mbojo mengingatkan " Wara si ngguda wara di poke " jika ada yang ditanam, tentu ada yang dipetik. Wara si ra dama, wara di kadami".Jika ada yang dipegang, tentu ada yang dicicipi. Pepatah ini menyiratkan makna bahwa apapun hasil yang kita dapatkan tentu tidak terlepas dari sejauhmana proses yang telah kita jalani. Hasil sesungguhnya tidak pernah menghianati proses kreatif dari keuletan dan keikhlasan yang kita lakukan.Mari kita terus menjalin silaturahmi karena itu dahsyat manfaatnya bagi kehidupan kita.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.