f Raba Layak Sebagai Resort Wisata Kota Tua - BIMASUMBAWA.COM | Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Raba Layak Sebagai Resort Wisata Kota Tua


Ada puluhan bangunan peninggalan belanda disini. salah satunya adalah bangunan di sebelah timur pertokoan Raba ini yang.dulunya adalah kantor central Komunikasi telepon dan Telegram yang dibangun pada tahun 1900. Bangunan ini juga yang menginspirasi saya untuk menulis novel sejarah NIKA BARONTA. Setting bab awal Nika Baronta adalah di Raba, pendopo dan kantor Central Telekomunikasi ini.
Bangunan eks kolonial membentang dari kamar bola hingga eks pendopo Bupati Bima,mengelilingi lapangan pahlawan Raba termasuk rumah sakit dan asrama tentara hingga seputaran lapangan PU Raba. Sangat disayangkan beberapa bangunan sudah banyak dirubah dengan arsitek masa kini. wartawan natgeo Mahandis Yoanata yang meliputi Gelagar Dua Abad Tambora 2015 menuturkan, kot raba cocok untuk wisata kota tua di bima. mencengangkan bukan?
Melalui ulasan ini, saya mengusulkan kepada Bapak Walikota, DPRD, Dinas Pendidikan, Dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata, PU dan Tata Ruang serta Instansi terkait lainnya agar menata Kota Raba sebagai Resort Wisata Kota Tua dengan tetap mempertahankan bangunan bangunan tua eks kolonial dan mengeluarkan edaran untuk melarang pemiliknya merubah bentuk dan tata bangunan tersebut. Dengan kebijakan tersebut, maka bangunan bangunan tua itu tetap eksis dan menjadi ciri kota tua Raba.
Semoga para pejabat Pemkot Bima membaca tulisan ini dan melakukan identifikasi terhadap bangunan tua di Kota Raba.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.